Tuesday, November 17, 2015

Pentingnya Literasi Media


Dengan berkembangnya dunia teknologi dan informasi pada zaman sekarang membuat kita harus selalu waspada dalam menerima informasi , baik itu melalui media elektronik , media cetak maupun media online.
Maka dari itu dibutuhkan ketrampilan literasi media. Mungkin kebanyakan orang masih awam dengan istilah literasi media, Literasi mempunyai arti sadar akan pentingnya sesuatu ,  atau juga bisa disebut dengan "melek" akan suatu hal. dan Media adalah segala bentuk saluran yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Jadi kalu disambung Literasi Media yaitu Kita sadar akan pentingnya mengetahui kredibilitas dan keakuratan sebuah informasi yang disampaikan oleh media
namun apa saja yang dibutuhkan untuk terciptanya ketrampilan  Literasi Media , berikut ulasannya.

1. Menambah Wawasan
Kita harus punya banyak wawasan , sehingga diharapkan dapat mengetahui mana yang baruk dan yang baik.
Menambah wawasan dapat kita lakukan dengan kita bergaul , membaca buku dan mengikuti seminar - seminar. jadi jika nanti ada sebuah berita tentang sesuatu kita bisa menelaahnya terlebih dahulu dengan keilmuan kita tanpa langsung ditelan mentah - mentah

2. Telitilah Kredibilitas dari Suatu Media
Sebelum kita mempercayai sebuah media kita harus tahu dulu sumber sumber yang dia ambil. Jangan mempercayai media yang hanya mengambil dari sumber - sumber tidak jelas. Dan media yang hanya asal mengutip dan  mencomot yang kebenarannyaa tidak dapat dipertanggung jawabkan.

3. Telitilah Misi dari Suatu Media
Setiap media didirikan pasti telah mempunyai visi dan misi. Maka dari itu teliti dan kenali visi dan misi suatu media. Karena media ada yang didirikan untuk kebaikan dan ada pula media yang didirikan untuk sebagai pemecah belah. Sebagai tempat provokasi dan hal - hal yang merugikan lainnya.

4. Telitilah Pemilik dari Media
Setiap media mempunyai seorang pemilik. Telitilah dan kenalilah pemilik dari sebuah media.
Karena  biasanya latar belakang seorang pemilik akan mengarahkan media ke arah yang di inginkannya sekalipun keinginannya tersebut membawa dampak keburukan.

5. Telitilah Komentar yang Ada pada Sebuah Media
Hal ini khusus media online, karena pada setiap postigan terdapat komentar - komentar dari para pembacanya. Dan telitilaj komentar yang ada. Dari hal tersebut kita dapat mwnyimpulkan akan kredibikilitas dari sebuah media

6. Harus Selalu Waspada
Arah tujuan media dapat berubah tergantung ke lima situasi di atas. Maka dari itu kita harus sering mengontrol agar kita mendapatkan mendapatkan berita yang benar.

Sebelum kita mengakhiri pembahasan kita kali ini, mungkin ada yang bertanya - tanya mengapa kita harus terampil dari Literasi Media. karena pada zaman sekarang ini adalah zaman yang dimanakan orang arab Ghouzul Fikri Atau Perang Pemikiran dan juga banyaknya informasi sampah. sehingga keterampilan Literasi Media sangat diperlukan.

Demikian tentang Pentingnya Literasi Media, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment